Jumat, 16 September 2011

Dengarlah Suaraku (Ascolta la Mia Voce)


Dengarlah Suaraku (Ascolta la Mia Voce) lanjutan dari Pergilah kemana hati membawamu (Va' dove ti porta il cuore), novel karya Susanna Tamaro (2006), alih bahasa oleh Antonius Sudiarja, SJ. Terbitan Gramedia th2009.

Kisah Marta yg mencari jati dirinya ... ada surat terakhir dari ayah biologisnya yg mengakui ketakutan dan ketidak percayaannya pd dunia ... "Aku dpt mengatakan kpdmu bahwa ketakutanlah yg menentukan hari2ku, apa yg kusebut keberanian dlm kenyataan hanyalah kepanikan, ketakutan utk mengatasi batas yg bukan dari akal budi tetapi dari hati, ketakutan utk mencintai dan tdk balas dicintai ... Pd akhirnya memang hanya inilah ketakutan manusia dan utk itulah dia menyerah pd kekerdilan ... Cinta itu seperti jembatan yg membentang di atas kekosongan ... Karena takut kita menjd rewel thd hal2 yg remeh, semata karena mengikuti fantasi kita, kita mengubah jln lurus menjd labirin, drmn kita tdk tahu jln keluar ... Betapa sukar menerima keteguhan kesederhanaan, kerendahhatian kepercayaan ... Apalagi yg telah kulakukan dlm seluruh hidupku kalau bukan ini? Lari dari diriku sendiri, dari tanggung jawab, melukai agar tdk terlukai ..." Ada pendpt ttg hukum "hukum itu jln satu2nya di mana cinta dpt tumbuh..." akhirnya Marta menerima semuanya itu, "kalian semua -- engkau, ibuku, dan ayahku -- kalian di sana sementara didepanku terbuka ruang kehidupan yg tak dikenal; dlm susah dan senang kalian telah banyak mengajariku; dan entah bgmn kesalahan2 kalian telah terpatri dlm diriku menjd kekayaan."

Banyak hal tentang hidup dibicarakan dlm buku ini ... aku percaya ... memang semua berasal dari Tuhan ... kita ada karena Dia mengasihi kita ... bgmnpun kehidupan ini, baik atau buruk ... kita wajib berterima kasih utk bisa mengalaminya ... Buku yg bagus ...

Cat: Akhirnya aku nemu juga ini buku pas lagi jln2 ... buku obralan pula ... 15082011 ...
...

Tidak ada komentar: