Kamis, 05 Juli 2012

Karimunjawa



Aku berangkat dr St. Gambir tgl 28/06/12 naik KA Sembrani jam 19:30, tiba di St. Tawang Semarang tgl 29/06/12 +/- jam 2:30, nunggu di St. Tawang +/- 4jam, Jam 06:30 dijemput travel menuju Jepara, tiba +/- jam 9:30, nunggu di dermaga Kartini juga +/- 4jam, kapal Bahari express yg ke pulau Karimunjawa telat, hrsnya berangkat jam 14:00 baru berangkat jam 15:00, sampe penginapan +/- jam 17:30, mandi, makan dan istirahat perjalanan panjang yg cukup melelahkan. Kesan pertama - dermaga di pulau Karimunjawa lautnya bersih juga banyak ikannya kelihatan dari atas ... lelah perjalanan panjang sedikit berkurang melihat kebersihan dan keindahan lautnya ... penginapannya meskipun sederhana tapi bersih dan cukup nyaman ... Besoknya kami naik kapal (+/- jam 08:00) menuju pulau2 kecil di sekitar Karimunjawa menikmati pemandangan bawah laut yg cantik dan bersih ... mandi di pantai ... juga mampir kesalah satu pulau gosong (pulau pasir di tengah laut) ... perjalanan yg menyenangkan ... kembali kepenginapan +/- jam 17:00 ... bilas2, makan ... malamnya jalan ke alun2, nyobain makanan khas, juga nyari oleh2 ... istirahat .. Hari terakhir di Karimunjawa diawali snorkeling, melihat bawah laut ... terus ke penangkaran hiu ... ada hiu putih juga ada yg hitam ... aku ngga berenang dg hiu, rame soalnya ...
Tengah hari kembali ke penginapan, siap2 pulang ...
Kapal Express Bahari telat lagi sehrsnya jam 14:00, dtgnya jam 15:30 ... sampe di Jepara jam 17:30 ... karena ngga kebagian travel kami charter mobil ke Semarang ... dr Semarang naik KA ArgoBromoAnggrek ke Gambir, KA yg bagus dan nyaman membuat kami bisa tidur dg nyenyak ...

Catatan:
-Waktu terbaik ke Karimunjawa April-Oktober.
-Listrik di Karimunjawa hidup dari Jam 18:00 s/d Jam 06:00.
-Sebenarnya yg paling mudah dan murah, naik bis dr Jabodetabek langsung ke Jepara, bisnya bagus2 ... (Alt.lain selain KA, bisa naik pesawat ke Semarang).
-Kapal dr Jepara ke Karimunjawa ada bbrp jenis yaitu KM Muria (6jam), Bahari Express (2jam), Kapal Cepat Kartini (2jam), naik kapal Kartini ini bisa juga dr Pelabuhan Tg Emas Semarang (4jam). Dari Semarang ke Karimunjawa bisa juga naik pesawat terbang (30menit).
-Banyak alternatif penginapan dari yg murah, hotel (karimunjawainn) sampai resort yg rate-nya dollar juga ada (kurakuraresort).

Info lebih lengkap di-wiki, dephut, ticjepara, karimunjawanationalpark, tourtraveljepara, central-java-tourism, putrakarimunjawa.

Tempat yg blm kami kunjungin atl: Legon Lele, Ujung Gelam, Makam Sunan Nyamplungan, Tracking Mangrove , banyak pulau2 kecil lain.

Heal the World – Michael Jackson

Tidak ada komentar: